7 PEMERINTAH TERTUA DI DUNIA

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

Peradaban manusia sudah berusia ribuan tahun. Dalam membangun peradabannya manusia mulai berkumpul dan mengorganisir diri lewat sebuah pemerintahan.

Pemerintah adalah sistem atau sekelompok orang yang mengatur komunitas terorganisir, bisa merupakan sebuah negara atau wilayah di dalam negara. Namun ternyata ada banyak sekali bentuk pemerintahan di belahan bumi ini. Berikut sejumlah pemerintahan tertua di dunia.
1. Sumeria (Mesopotamia Kuno)

Tahun Didirikan dan berakhir : c.4500 – c.1900 SM
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Irak Modern – Republik Parlemen Federal
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 15 Oktober 2005
Sebagai salah satu peradaban perkotaan pertama di dunia, bangsa Sumeria mendirikan pemerintahan pertama dan tertua di dunia. Pada milenium ke-4 SM, Sumeria dibagi menjadi banyak negara kota yang diperintah oleh gubernur atau raja imam.

Bangsa Sumeria juga bertanggung jawab atas kode hukum tertua yang ditemukan saat ini, Kode Ur-Nammu. Pemerintah Sumeria menjalankan beberapa program publik termasuk penggunaan tenaga kerja khusus pertanian dan sistem irigasi dan saluran besar-besaran. Meskipun peradaban Sumeria sudah tidak ada lagi, keturunan mereka tersebar di negara Irak modern.

2. Peradaban Harappa (Lembah Indus)

Tahun Didirikan dan berakhir : c.3300 – c.1300 SM
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Tidak ada – tersebar di wilayah yang sekarang menjadi beberapa negara Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : Tidak ada
Tidak banyak yang diketahui tentang pemerintahan Peradaban Harappa, tetapi bukti arkeologis menunjukkan bahwa mereka memiliki semacam kepemimpinan pusat. Orang Harappan dikenal karena perencanaan kota mereka yang dipikirkan dengan baik karena semua kota yang ditemukan memiliki tata letak sama – ini akan membutuhkan pemerintah pusat.

Perekonomian Lembah Indus sangat bergantung pada perdagangan dan banyak orang percaya bahwa Harappans adalah peradaban pertama yang menggunakan transportasi roda. Selain itu, artefak Harappa – seperti tembikar, segel, pemberat, dan batu bata – dirancang secara seragam. Semua fitur kehidupan Harappa ini kemungkinan besar direncanakan oleh otoritas pusat.

3. Mesir Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c. 3050 SM – 641 M.
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Semi-Presiden Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 18 Januari 2014
Orang Mesir kuno memiliki pemerintahan paling terkenal dan terdokumentasi secara menyeluruh dari semua peradaban tua dunia. Melalui catatan yang disimpan orang Mesir kuno, kita tahu bahwa setiap aspek kehidupan Mesir diatur melalui berbagai tingkat pemerintahan.

Di puncak hierarki pemerintah adalah firaun yang secara teori, memiliki kendali penuh atas tanah, sumber daya, dan rakyat Mesir kuno. Setelah firaun menjadi raja, yang merupakan komandan militer, kemudian ada wazir yang memiliki tugas terbanyak.Wazir bertindak sebagai perwakilan raja dan mengkoordinasikan survei tanah, bendahara, proyek pembangunan, sistem hukum, dan arsip. Negara dibagi lagi menjadi nomes, yang diperintah di tingkat regional oleh seorang nomark.

4. China

Tahun Didirikan dan berakhir : c.2070 SM – sekarang
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Sosialis Satu Partai Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 4 Desember 1982
Seperti Jepang, sejarah dinasti pertama China (Dinasti Xia c. 7070 – c. 1600 SM) dianggap apokrif dan meskipun keberadaannya diyakini secara luas oleh orang China, hal itu mungkin tidak akurat secara historis. Setelah Dinasti Xia, beberapa dinasti lagi muncul di China kuno sebelum periode Kekaisaran dimulai pada 221 SM.

Dinasti Qin dianggap sebagai dinasti Kekaisaran pertama China dan Qin Shi Huang adalah Kaisar pertama. China terus berada di bawah kekuasaan Kekaisaran hingga akhir Dinasti Qing pada 1912. Setelah itu, Republik China didirikan dan Sun Yat-sen yang menjabat sebagai Presiden pertama Republik.
Republik China hanya bertahan selama beberapa dekade hingga Partai Komunis memenangkan Perang Saudara pada 1949. Ketua Partai Komunis Mao Zedong kemudian memproklamirkan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

5. Yunani Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c.1100 SM – c.600 CE
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Parlemen Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 11 Juni 1975
Pemerintah Yunani kuno, terutama dari periode Klasik (c.500 – c.323 SM), dianggap salah satu yang paling berpengaruh dalam sejarah modern. Seperti yang sudah diketahui semua orang, orang Yunani bertanggung jawab untuk menegakkan demokrasi, yang merupakan bentuk pemerintahan yang digunakan oleh sebagian besar dunia saat ini.

Sebelum demokrasi dikembangkan di Athena Klasik, Yunani kuno dibagi menjadi negara-kota. Pada Periode Archaic (sekitar abad ke-8 – sekitar 480 SM) negara-kota ini menjadi oligarki aristokrat. Akhirnya, demokrasi semakin populer dan hampir setiap negara kota mendirikan demokrasi mereka sendiri.
6. Roma Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c. 753 SM – 1453 M
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Italia Modern – Repulic Konstitusional Parlemen Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 2 Juni 1946
Bersama Yunani kuno, Romawi kuno memberikan banyak kontribusi pada pemerintahan, hukum, dan politik modern. Menurut mitologi Romawi, Roma didirikan pada 21 April 753 SM oleh Romulus dan Remus, yang merupakan keturunan dari pangeran Trojan, Aeneas.

Selama periode pertama sejarah Romawi kuno, peradaban diperintah oleh monarki, yang akhirnya digulingkan sekitar 509 SM. Roma menjadi sebuah republik dan pemerintahannya dikendalikan oleh bangsawan. Di bawah Republik Romawi, kelas sosial dan kekayaan menentukan hak suara warga negara.
Republik Romawi berakhir pada 27 SM ketika Kekaisaran Romawi mulai bangkit dan mendominasi tidak hanya semenanjung Italia tetapi juga wilayah di bagian lain Eropa, Afrika, dan Asia. Kekaisaran Roma mendirikan tiga cabang utama pemerintahan: pemerintah pusat, militer, dan pemerintah provinsi. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Italia mengalami banyak perang dan diperintah oleh raja dan rezim fasis sebelum menjadi republik modern.

7. Jepang

Tahun Didirikan dan berakhir : c.660 SM – hari ini
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Monarki Konstitusional Parlemen Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 3 Mei 1947
Jepang menganggap tahun 660 SM sebagai tahun didirikannya negara tersebut karena pada tahun itu Kaisar Jimmu, Kaisar Jepang pertama, naik tahta. Menurut legenda, Kaisar Jimmu adalah keturunan dewi matahari Amaterasu. Kaisar Jimmu diyakini merupakan kaisar terbesar Jepang meski keberadaanya belum pasti ada atau tidak. Terlepas dari ketidakpastian itu, Jepang adalah sedikit monarki konstitusional yang tersisa di dunia hingga saat ini. Meskipun Jepang selalu diperintah oleh Kaisar, selama beberapa periode Kaisar hanya sebagai boneka. Selama salah satu periode terpanjang dalam sejarah Jepang (1185 – 1868), negara tersebut diperintah oleh shogun yang menggunakan kekuatan militer. Setelah Restorasi Meiji 1868, Jepang kembali ke pemerintahan kekaisaran.(*/Fir)

Loading...