8 CARA AMAN DAN NYAMAN SAAT LIBURAN AKHIR TAHUN

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling dinanti untuk melancong. Akan tetapi, perlu diingat bahwa liburan di periode itu membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi anggaran, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan.

Pasalnya, akhir tahun merupakan high season dan destinasi tujuan cenderung lebih ramai dibandingkan low season. Bagi yang sedang mempersiapkan liburan di akhir tahun, berikut delapan kiat agar liburan tetap aman dan nyaman, seperti dibagikan oleh perusahaan penyedia layanan perjalanan Pegipegi, dikutip Jumat (25/11/2022)

Tentukan jadwal perjalanan

Pelancong yang bekerja sebagai karyawan perlu memastikan jadwal dan durasi melakukan perjalanan untuk mengajukan cuti. Dengan menentukan jadwal perjalanan, ada perkiraan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, mulai dari anggaran, akomodasi, transportasi, dan bekal perjalanan.

Jaga kondisi kesehatan

Liburan dalam kondisi tidak fit akan membuat pengalaman pelesiran tidak nyaman. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama perjalanan amat penting. Jaga pola konsumsi yang sehat, istirahat cukup, dan lakukan olahraga ringan.

Persiapkan anggaran liburan

Traveling menjadi aktivitas menyenangkan untuk melepas penat dari rutinitas. Namun, jangan sampai momen liburan menguras tabungan. Tetapkan anggaran sesuai kemampuan dan kebutuhan, lalu alokasikan ke dalam beberapa pos anggaran.

Tentukan destinasi wisata

Kumpulkan informasi selengkap mungkin dari objek wisata dan destinasi yang dituju melalui internet, media sosial, dan sumber lainnya. Jangan lupa menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata, biaya transportasi, tiket masuk, dan lainnya.

Pesan akomodasi lebih awal

Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun cenderung lebih mahal dibandingkan periode biasa. Memesan akomodasi maupun tiket transportasi liburan lebih awal akan memungkinkan pelancong mendapat harga lebih terjangkau.

Perhatikan cuaca dan regulasi perjalanan

Perhatikan prakiraan cuaca sebelum berangkat. Itu juga akan memengaruhi persiapan perjalanan, seperti perlu tidaknya membawa jaket, payung, dan peralatan khusus lain. Regulasi perjalanan di destinasi yang dituju terkait Covid-19 juga perlu diketahui.

Bawa uang dan perlengkapan secukupnya

Bawa uang secukupnya agar tidak boros atau kekurangan selama traveling. Keberadaan uang tunai masih penting, apalagi ketika menyambangi tempat yang tidak bisa menerima pembayaran elektronik. Bawa juga perlengkapan sesuai dengan durasi liburan.

Unduh aplikasi perjalanan

Melakukan perjalanan dan aktivitas pelesiran akan lebih praktis jika mengunduh aplikasi perjalanan di ponsel. Misalnya, aplikasi travel, pemesanan transportasi daring, pemesanan bus dan travel, wahana wisata, rental mobil, hingga aplikasi terkait lainnya.(*/Fa)

Loading...