BATU BRAK,SITUS PEMUJAAN ZAMAN PRASEJARAH DI LAMPUNG BARAT

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

LAMPUNG – Situs purbakala merupakan peninggalan dari zaman megalitikum atau zaman batu besar. Pada zaman itu, manusia sudah dapat meningkatkan kebudayaan yang terbuat dari batu-batu besar. Ada beberapa situs peninggalan zaman megalitikum di Indonesia, salah satunya adalah Batu Berak.

Peninggalan megalitikum Batu Berak terletak di provinsi paling selatan pulau Sumatera, yaitu Lampung. Situs ini tepatnya terletak di Komplek Kebun Tebu/Batu Berak, Pekon Purawiwitan, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, atau sekitar 116 km dari Kota Bandar Lampung.

Asal mula nama Batu Berak sendiri diambil dari bahasa Lampung, yaitu Berak yang berarti sejajar. Maka, Batu Berak dapat diartikan Batu Sejajar. Pada kenyataannya, memang posisi batu-batu tersebut sejajar dan tersusun rapi.

Meski ditemukan pada tahun 1951, penelitian tentang Baru Berak baru dilakukan kembali di tahun 1981-1989.

Dari hasil penelitian tersebut, diduga bahwa situ Batu Berak merupakan tempat pemukiman, pemujaan, dan juga tempat penguburan.

Area situs yang mencapai 3 hektare memiliki beberapa peninggalan, seperti dolmen, menhir, batu datar, manik-manik kaca dan batu, keramik lokal dan asing.

Ada juga batu umpak dan batu lumpang yang dibangun di suatu bukit kecil dikelilingi sungai, sawah, dan empang.Mengenal Batu Berak, Situs Pemujaan Zaman Prasejarah di Lampung Barat
Beberapa peninggalan arkeologis juga terdapat di situs Batu Berak, seperti Batu Jagur, Tameng, Telaga Mukmin, Batu Jaya, dan sebagainya.

Batu Berak sebenarnya berada di perbatasan antara Kecamatan Kebun Tebu dan Kecamatan Gedung Surian. Namun secara geografis Situs Megalitikum Batu Berak berada di Kecamatan Kebun Tebu. Tepatnya berada di Jalan Lebuay, Dusun Pekon, Kebun Tebu, Lampung Barat.

Areanya dikelilingi dengan kebun kopi dan area persawahan sehingga suasana di objek wisata prasejarah ini sangat asri dan sejuk. Untuk bisa ke sana, diperlukan waktu cukup lama yakni 4-5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Situs megalitikum Batu Berak buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Pengunjung pun tak perlu khawatir karena untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.*(*/Fa)

Loading...