BEROLAHRAGA DENGAN AMAN IKUTI BEBERAPA TIPS INI

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Virus corona baru yang mengakibatkan Covid-19 telah menyebar dan menjadi pandemi di dunia. Virus horor ini menebar kepanikan di seluruh aspek kehidupan tak terkecuali juga olahraga.

Banyak orang bertanya-tanya akankengerian virus corona baru ini, sehingga mengindari olahraga dan aktivitas di luar ruangan. Profesor kesehatan di Appalachian State University yang juga Direktur Human Performance Lab di North Carolina Research Campus, David Nieman mencoba menelaah lebih jauh tentang hal ini.

Apakah Aman Olahraga Luar Ruangan?

Ketika orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, tetesan mikro virus mudah masuk ke benda sekitar. Nieman mengatakan, pergi ke luar dan berlari dengan teman yang sehat atau kelompok kecil dan menikmati alam bebas sebetulnya bukan suatu masalah.

Aktivitas 30-60 menit dalam waktu sedang hingga cepat dapat membantu sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah virus. Namun pastikan Anda tahu apa yang terjadi di lingkungan sekitar tentang perkembangan virus ini, dan jika daerah Anda diisolasi (lockdown) atau berisiko besar tersebar virus, sebaiknya di rumah saja.

“Di rumah, Anda masih bisa melakukan latihan intensitas berat atau treadmill agar menjaga diri tetap fit,” ujar Nieman sebagaimana dilansir Runners World.

Haruskah Menghindari Olahraga dalam Kelompok?Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah telah menganjurkan agar melakukan social distancing, yaitu mencegah diri melakukan aktivitas kerumunan atau menghindari jarak 1 meter dengan lawan bicara. Tidak masalah olahraga berkelompok selama Anda menghindari sentuhan fisik seperti berjabat tangan.

Bisakah Corona disebarkan lewat Keringat?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, penularan virus corona bisa terjadi karena kontak dengan orang sekitar dan melalui tetesan penapasan yang dihasilkan batuk atau bersin, bukan keringat.

Apakah Tempat Gym Aman?

Seseorang bisa terangkit corona usai menyentuh permukaan kotor yang mengandung virus seperti treadmill, barbel, lalu dia menyentuh area wajah. Maka dari itu amat mungkin tempat gym menjadi sarang virus.

Namun bukan berarti harus menggeneralisir semua pusat kebugaran seperti itu. Tentunya ada standar kebersihan sendiri yang diterapkan pada tempat gym, salah satunya dengan rutin menyemprotkan desinfektan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dengan lebih dulu mencari tahu kualitas tempat gym latihan Anda.

Jika Anda tidak bisa lepas dari tempat gym, pastikan hindari kontak fisik dengan teman latihan, dan rutin cuci tangan usai latihan dengan alat. Latihan di rumah mungkin solusi terbaik Anda untuk menjaga rutinitas kebugaran tanpa perlu khawatir keadaan sekitar.

Mampukah Corona Menjangkiti Melalui Pakaian?

Para ahli belum tahu risiko penularan virus dari permukaan seperti pakaian. Namun WHO melaporkan bahwa coronavirus dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari.Jika pakaian Anda terkena ludah, hindari menyentuh daerah itu, dan segera ganti pakaian Anda usai latihan, lalu cuci tangan atau mandi sesudahnya. Untuk mendisinfeksi pakaian, cuci dengan air panas dan gunakan pengering bila perlu.(*/El)

Loading...