CARA TURUNKAN GULA DARAH SECARA ALAMI

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Gula darah tinggi sudah menjadi masalah umum bagi mereka yang menderita diabetes. Jika tak kunjung diturunkan, maka akan terjadi risiko komplikasi kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, ginjal, dan kehilangan penglihatan.

Penting bagi kita melakukan tes darah untuk memastikan kadar gula tetap dalam kisaran normal. Jika melebihi batas normal, ada sejumlah cara alami untuk menurunkannya. Berikut dilansir dari laman Insider, Selasa (28/7).

Minum cukup air
Tetap terhidrasi dan minum banyak air dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada minuman lain, yang sering menambahkan kelebihan gula.

“Minum air putih yang cukup mengehidrasi darah dan membantu ginjal kita membuang kelebihan gula dalam tubuh kita,” kata seorang penulis medis yang mempelajari penyakit autoimun, Lina Velikova, MD.

Studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan orang yang minum lebih dari satu liter air setiap hari, 28 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki gula darah tinggi daripada mereka yang tidak. Sebagai referensi, asupan air yang disarankan adalah 1,6 liter untuk wanita dan dua liter untuk pria. Namun demikian, ini bisa bergantung pada berat badan.

Karbohidrat memiliki dampak besar pada kadar gula darah. Tubuh memecah mereka menjadi gula, yang kemudian insulin pindah ke sel.

“Diet yang tidak seimbang dan peningkatan asupan karbohidrat mungkin mengganggu fungsi insulin, menyebabkan gula darah meningkat,” kata Velikova.

Menghitung karbohidrat dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tidak lebih dari 45 persen kalori harian dari karbohidrat.

Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Karbohidrat sederhana dan murni yang mengandung gula akan melonjak lebih banyak daripada gula dengan karbohidrat dan serat alami.

Tingkatkan konsumsi serat
Makan serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menurunkan gula darah. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Obesity Weight Management & Control menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya serat, seperti pisang, beri dan brokoli, dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi berat badan.

Kelola stres
Tingkat stres juga dapat berdampak langsung pada gula darah. Ketika stres, hormon seperti kortisol meningkatkan kadar gula darah dan membuat tubuh kurang efektif dalam menggunakan insulin.

“Makan sehat, berolahraga, dan minum cukup air adalah cara terbaik untuk mengurangi kadar gula darah tinggi. Namun, mereka tidak akan cukup jika kita stres,” kata Velikova.

Dia merekomendasikan mengurangi stres dengan berolahraga, bermeditasi, atau membuat jurnal. Pelajari lebih lanjut dengan panduan kami tentang cara bermeditasi dan cara berlatih latihan pernapasan yang meningkatkan relaksasi.(*/Ni)

Loading...