DAGING SE’I DARI NTT KIAN DIMINATI

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA — Bagi para pencinta daging, menu se’i khas Nusa Tenggara Timur (NTT) mungkin sudah tak asing lagi. Se’i merupakan makanan asal Kupang yang identik dengan irisan daging tipis. Umumnya, daging akan diasap terlebih dahulu, baru kemudian diiris tipis sebelum disantap.

Di tempat asalnya, daging se’i biasa disantap dengan sambal khas NTT, yakni terbuat dari cabai, jeruk nipis, dan daun lu’at. Daging disantap dengan nasi panas bersama tumis daun pepaya.

Di Jakarta, se’i berbahan dasar daging sapi kini cukup mudah didapat. Beberapa olahan se’i bahkan sudah dimodifikasi menyesuaikan selera konsumen.

Sambal yang dihidangkan biasanya sudah diganti dengan sambal matah, sambal tomat, atau sambal bawang. Sementara tumis daun pepaya juga diganti dengan daun singkong.

Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa restoran yang menawarkan santapan se’i dengan rasa cukup menggoda. Bagi yang baru pertama kali ingin mencoba masakan se’i dengan sentuhan berbeda, Seilera boleh dicoba.

Seilera menyajikan hidangan se’i dengan potongan daging cukup besar dan tebal. Untuk satu porsi juga disajikan dengan kuah kaldu.

Seilera memberikan pilihan sambal yang cukup lengkap, mulai dari sambal matah, sambal ijo, hingga sambal lu’at khas NTT. Bahkan, Seilera juga memberikan pilihan se’i lidah sapi bagi yang suka.

Bagi penikmat se’i yang berada di wilayah Tangerang, Seilera berada di kawasan BSD Timur. Namun, restoran berkonsep rumahan ini juga menawarkan pemesanan melalui daring. Seilera bisa dicoba, khususnya bagi yang penasaran dengan se’i sapi dicolek sambal lu’at khas NTT.

Ingin mencoba hidangan se’i dengan irisan daging lebih lembut? Olahan se’i dari Se’iTan juga bisa dicoba. Daging se’i menjadi lebih lembut karena menggunakan daging sapi wagyu.
Satu porsi Se’iTan memang cukup besar. Pasalnya, daging se’i juga disajikan dengan telur dan daun singkong bercampur kecombrang. Se’i bisa disantap dengan empat pilihan sambal, yakni andaliman, rica-rica, matah, dan belimbing wuluh.

Meski tergolong pemain baru, Se’iTan cukup menyita perhatian pencinta olahan daging. Berkonsep cloud kitchen, Se’iTan saat ini bisa dipesan di 12 titik Jakarta dan Tangerang.(*/Tya)

Loading...