Histori

JUMLAH ANAK NABI MUHAMMAD SAW

visit indonesia

Nabi Muhammad SAW memiliki total tujuh anak. Dari tujuh ini, enam dari Siti Khadijah dan satu lagi dari Mariah Qibtiyah.

&80 x 90 Image

Enam anak Nabi Muhammad SAW dari pernikahannya dengan Siti Khadijah ialah Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayya, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Dari pernikahan beliau dengan Siti Khadijah, Nabi SAW punya dua putra dan empat putri. Dari pernikahannya dengan Mariah Qibtiyah, Nabi Muhammad memiliki seorang putra lagi, bernama Ibrahim.

Imam Nawawi menjelaskan, Nabi Muhammad SAW memiliki tiga orang putra. Pertama adalah Qasim yang lahir sebelum masa kenabian, kemudian meninggal di usia 2 tahun. Lalu lahir Abdullah yang dipanggil dengan Al Tayyib dan Al Tahir, karena lahir setelah kenabian. Qasim dan Abdullah tidak berumur panjang.

Lalu putra ketiga Rasulullah SAW adalah Ibrahim yang lahir di Madinah pada tahun 8 Hijriah, kemudian meninggal di sana pada tahun 10, di usia 17 bulan atau 18 bulan. Ibrahim lahir dari Mariah Qibtiyah.

Nabi Muhammad SAW memiliki empat orang putri, yaitu Zainab, Ruqayya, Ummu Kultsum dan Fatimah. Zainab menikah dengan Abu Al-Aas bin Al-Rabi’ RA. Sedangkan Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib RA.

Adapun Ruqayyah dan Ummu Kultsum menikah dengan Utsman bin Affan RA. Utsman terlebih dulu menikah dengan Ruqayyah. Ruqayyah meninggal di Madinah di tahun kedua Hijriah, ketika pasukan Muslim menang dalam Perang Badar. Setelah Ruqayyah wafat, Utsman menikah dengan Ummu Kultsum.

Ummu Kultsum wafat pada bulan Syaban tahun 9 Hijriah. Dia memiliki empat orang putri dan tiga orang putra, menurut pendapat yang shahih, sebagaimana dinukil oleh Imam Nawawi.

Imam Nawawi memaparkan, urutan anak Nabi Muhammad dengan Siti Khadijah, dari yang pertama hingga terakhir adalah Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, lalu Fatimah. Ada yang berpendapat bahwa Fatimah lebih tua dari Ummu Kultsum.

Sebagaimana telah disebutkan, bahwa Qasim dan Abdullah tidak berumur panjang. Adapun seluruh putri Rasulullah SAW kecuali Fatimah, wafat sebelum wafatnya Nabi Muhammad SAW. Enam bulan setelah Rasulullah SAW wafat, Fatimah wafat. Hal ini didasarkan pada pendapat yang paling shahih dan populer, seperti dinukil oleh Imam Nawawi.(*/Tian)

Loading...