KEINDAHAN GUNUNG SEMINUNG, BARI MENIKMATI DANAU RANAU DARI KETINGGIAN

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

Gunung Seminung, adalah ‘gunung antar-provinsi’ yang terletak di antara Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, dengan Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan.

Gunung Seminung memiliki ketinggian 1.881 m atau sekitar 6.171 kaki. Kaki gunung ini merupakan Danau Ranau, danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Berdekatan dengan Danau Ranau, membuat Gunung Seminung memiliki pesona pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa menyaksikan keindahan Danau Ranau dari ketinggian lebih dari 1.800 mdpl.

Bila Anda hendak mendaki, sebaiknya mulai berangkat pada sore hari. Jadi, Anda bisa sampai puncak pada malam hari dan bisa merehatkan badan sejenak. Nah, keesokan harinya, Anda bisa menikmati pemandangan sunrise yang indah dari puncak Gunung Seminung yang ketinggiannya mencapai 1.880 mdpl.

Anda bisa menyaksikan pemandangan indah itu sambil menikmati kopi panas atau mie instan sebagai teman sarapan. Lantas, bagaimana lokasi dan rute menuju ke Gunung Seminung?Lokasi dan rute

Seperti disebutkan tadi, Gunung Seminung terletak di perbatasan antara Lampung dan Sumatera Selatan. Letak tepatnya yakni di sebelah barat laut Kota Liwa, Lampung Barat.

Bila Anda berangkat dari Bandar Lampung, Anda bisa memakan waktu 5 sampai 6 jam. Lalu, jika dari Bandara Raden Intan, Anda bisa menempuhnya selama 5 hingga 5,5 jam. Untuk akses jalannya pun sudah terbilang bagus.

Harga tiket masuk

Setelah mengenal Gunung Seminung dan mengetahui lokasi serta rutenya, mungkin Anda penasaran, berapa sih harga tiket masuknya? Untuk masalah ini, Anda tidak perlu khawatir.

Sebab, Anda perlu membayar Rp10.000 hingga Rp15.000 untuk menyebrangi Danau Ranau menuju Gunung Seminung. Namun, bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka ada biaya penitipan kendaraan sebesar Rp10.000 untuk motor dan mobil sebesar Rp20.000 hingga Rp50.000.

Nah, bila Anda ingin lebih hemat lagi, Anda bisa membawa sendiri makanan dari rumah. Sebab, harga makanan atau minuman di warung-warung sekitar Gunung Seminung dapat terbilang mahal dan Anda perlu menyiapkan budget tambahan tersendiri untuk makan.

Tetapi, bila Anda tidak masalah dengan biaya, maka Anda bisa menikmati aneka jajanan yang ditawarkan di warung-warung sekitar gunung. Mulai dari kopi, mie instan, teh, dan lainnya. Bagaimana, Anda tertarik menjajaki Gunung Seminung?(*/Da)

Loading...