KENALI, 4 GEJALA INFEKSI GINJAL

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Infeksi ginjal merupakan penyakit kronis yang diawali dari infeksi kandung kemih yang kemudian menyerang ginjal. Gejala umum dari infeksi ginjal adalah air seni yang bercampur dengan darah dan nanah.

Walaupun kelihatannya mengerikan, Anda dapat melakukan upaya-upaya untuk menghindari penyakit infeksi kandung kemih atau infeksi ginjal. Anda dapat mencegah infeksi ginjal dengan jus cranberry, biasakan untuk minum cukup air setiap hari agar tetap terhidrasi. Hal itu akan membuat Anda cukup sering buang air kecil untuk membantu mengeluarkan bakteri yang menyebabkan infeksi.

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyarankan untuk buang air kecil saat ingin. Tak lupa juga, setelah buang air kecil, Anda harus membasuh dan menyeka bagian tersebut.

Yang paling penting adalah jangan pernah mencoba mengobati infeksi saluran kemih (ISK) sendiri. Anda hanya akan memperburuk kondisi dan menempatkan diri Anda pada risiko yang lebih besar seperti dilansir dari Self.

Tanda Umum Infeksi Ginjal
Oleh karena itu, Anda harus membiasakan untuk memperhatikan kondisi tubuh Anda, termasuk air seni. Tentunya, Anda juga harus memastikan ada atau tidaknya tanda-tanda lain yang umumnya akan terjadi, seperti:

1. Urine Berwarna Cokelat dan Aroma Menyengat
Seperti yang dilansir dari Women’s Health, jika urine berbau amonia atau berubah warna menjadi merah muda atau cokelat maka terdapat sesuatu yang mengganggu kesehatan tubuh Anda.

2. Keluhan Sakit di Beberapa Bagian Tubuh
Tanda bahwa Anda mengidap infeksi ginjal, adanya rasa sakit pada bagian perut, nyeri otot, dan kram punggung selama sebulan. Setelah itu intensitasnya akan meningkat dan menambah pada punggung bagian bawah, samping, atau pangkal paha.

3. Tidak Nafsu Makan
Biasanya tanda infeksi ginjal di atas akan diikuti dengan kehilangan nafsu makan. Bahkan mengonsumsi makanan kesukaan Anda pun, tak akan selera. Mual dan muntah juga dapat mengindikasikan bahwa tubuh Anda terserang infeksi ginjal yang parah. Jika mengalami tanda-tanda seperti di atas, pastikan Anda menemui tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang serius.

4. Berkeringat atau kedinginan
Anda dapat saja merasa berkeringat atau tiba-tiba kedinginan tanpa adanya alasan yang jelas mengapa Anda mengalami hal tersebut. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, Anda dapat meminta tenaga medis profesional untuk memberikan penangan yang serius terhadap penyakit infeksi kandung kemih atau infeksi ginjal ini.(*/Di)

Loading...