LARI DITEMPAT CARA AMAN, MUDAH DAN MURAH BEROLAHRAGA

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Berlari atau jogging merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kebugaran dan membakar kalori. Namun pada kondisi seperti sekarang ketika banyak orang takut keluar rumah, hal ini kadang bisa menimbulkan rasa was-was.

Kondisi hati yang tak tenang ini tentu saja bakal membuat perasaan tidak nyaman ketika berlari di luar ruangan. Namun sesungguhnya kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah dan aman di rumah saja.

Dilansir dari Times of India, jalan keluar dari masalah ini adalah dengan berlari di tempat. Walau selama ini hal tersebut hanya dianggap sebagai sesi pemanasan, namun hal ini juga bisa menjadi porsi utama bagi olahraga.

Perlu diketahui bahwa baik berlari di luar ruangan maupun di dalam ruangan memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Hal ini terjadi karena penggunaan otot dan gerakan yang berbeda di antara keduanya.

Ketika berlari di tempat, otot yang terlibat saat kamu bergerak maju jadi tidak terlibat. Walau begitu, jenis olahraga ini bisa membantu meperkuat sendi dan kaki bagian bawah.

1.Membantu Membakar Kalori
Berlari di tempat bisa menjadi cara efektif untuk membakar kalori. Cara ini bisa kamu lakukan sebagai bentuk olahraga di dalam rumah yang efektif terutama jika tidak memiliki treadmill.

Olahraga ini merupakan jenis olahraga kardio yang efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan menguatkan jantung. Olahraga ini dianggap sama dengan aktivitas sarat energi lainnya.

Jika kamu melakukan olahraga ini untuk menurunkan berat badan, maka perhatikan intensitasnya ketika melakukan lari di tempat. Pastikan untuk melakukannya hingga memompa jantung dan menantang batas kemampuan diri agar mampu membakar kalori cukup banyak.

2.Cara Tepat Lari di Tepat
lari di tepat
Sama seperti jenis olahraga lain, sebaiknya kamu melakukan olahraga ini secara tepat. Hal ini bisa berdampak maksimal dalam menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran.

– Pertama, berdiri tegak dengan kedua kaki membuka selebar pundak. Pastikan punggul dalam kondisi netral dan lurus.

– Kedua, angkat lutut hingga setara pinggang kemudian mendarat dengan lembut.

– Ketiga, saat kaki menyentuh tanah, angkat kaki lainnya dengan gerakan yang sama seperti sebelumnya. Ulangi hal ini selama 5 hingga 10 menit.

3.Hal yang Perlu Diperhatikan
Demi kemanan dan keselamatan, terhadap sejumlah hal yang perlu kamu hindari untuk mencegah terjadinya cedera. Sebelum melakukan olahraga ini, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meningkatkan detak jantung.

Mulai lakukan ini secara perlahan dan kemudian tingkatkan intensitasnya. Untuk membakar lebih banyak kalori, kamu juga bisa menggerakkan tangan secara aktif sambil berlari.

Usai melakukan olahraga, kamu juga sebaiknya melakukan pendinginan untuk mengembalikan detak jantung menjadi normal. Lakukan latihan ini secara rutin untuk memperoleh manfaat kesehatannya.(*/Ta)

Loading...