MENU BUKA PUASA DAN SAHUR SEHAT UNTUK PENDERITA DIABETES

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

DI bulan Ramadan, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa. Tak sekadar ibadah, puasa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, bila Anda memiliki diabetes, Anda perlu memperhatikan berbagai hal sebelum menjalani puasa Ramadan.

Sebab, penderita diabetes disarankan makan setiap 4-6 jam sekali. Tetapi saat bulan Ramadhan, membutuhkan 11-16 jam puasa, di mana ini bisa menyebabkan kondisi Hipoglikemia, sebuah kondisi ketika gula darah kadarnya berada di bawah tingkat normal.
Penderita diabetes juga bisa mengalami ketoasidosis diabetik di mana tubuh mulai membakar lemak untuk energi jika tidak mendapatkan cukup glukosa. Selain itu, kadar glukosa darah Anda bisa naik jika Anda makan berlebihan saat berbuka puasa.

Oleh karena itu, jika penderita diabetes ingin berpuasa, sebaiknya memperhatikan makanan untuk berbuka dan sahur. Berikut menu buka puasa dan menu sahur yang sehat untuk penderita diabetes, seperti dirangkum dari Times of India, Senin (28/3/2022).

Menu buka puasa yang sehat, Anda bisa memilih makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana dan dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Misalnya, 1-2 buah kurma atau susu. Kemudian, ambil karbohidrat kompleks seperti beras merah.

SAHUR
Untuk sahur, konsumsilah karbohidrat yang lebih kompleks seperti sereal gandum utuh, roti gandum utuh, atau sayuran dalam makanan sahur Anda. Karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik rendah karena membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna, diserap, dan dicerna sehingga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama.

Kemudian, pilih protein tanpa lemak seperti ikan, tahu, dan kacang-kacangan karena makanan-makanan itu memberikan energi. Anda juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan yoghurt plain. Segelas susu atau buah sebelum tidur juga akan menjaga kadar gula hingga sahur.

Selain itu, minumlah banyak air dan minuman bebas gula sepanjang malam dan hindari minuman berkafein yang meningkatkan rasa haus. Anda bisa menambahkan salad ke makanan untuk meningkatkan asupan serat. Sertakan banyak buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi.(*/In)

Loading...