MINYAK GORENG KELAPA, 6 KELEBIHAN DIBANDING BERASAL DARI SAWIT

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Minyak goreng kelapa dan minyak goreng sawit adalah dua hal yang berbeda.
Namun, keduanya memiliki kadar kalori tinggi. Minyak kelapa diketahui sedikit lebih tinggi kadar kalorinya dibanding minyak sawit, tetapi minyak sawit mengandung lebih banyak lemak dibanding minyak kelapa. Bicara soal kelebihan di antara keduanya, salah satu yang cukup disorot adalah kandungan mineral pada minyak kelapa ternyata lebih tinggi daripada kelapa sawit . Itu juga yang membuat minyak goreng kelapa aman untuk pasien diabetes tipe 2.

mengupas kelebihan minyak goreng kelapa dibandingkan minyak goreng sawit. Ini mungkin bisa membantu Anda yang sedang kesusahan mencari minyak goreng sawit di pasar dan hanya menemukan minyak goreng kelapa.

1. Lebih RendahLemak Namanya minyak nabati, tentu ada kandungan lemak di dalamnya. Tapi, minyak goreng kelapa lebih sedikit kadar lemaknya dibandingkan minyak goreng sawit. “Minyak goreng kelapa kadar lemaknya itu 99%, sedangkan minyak goreng sawit 100% lemak,” terang laporan laman Food Struct, dikutip Rabu (23/2/2022).

2 Kandungan Mineral Lebih Banyak Secara keseluruhan, baik minyak goreng kelapa maupun sawit itu tidak begitu banyak mineralnya. Tapi, minyak goreng kelapa lebih tinggi zat besi dan kolinnya daripada minyak goreng sawit. Minyak goreng kelapa juga dipercaya mengandung seng dan kalsium, sedangkan minyak goreng sawit sama sekali tidak ada.

3. Bisa Menurunkan Berat Badan Minyak goreng kelapa maupun sawit sama-sama mengandung 120 kalori per satu sendok makan. Meksi kalorinya tinggi, minyak goreng kelapa diklaim dapat menurunkan berat badan. Tapi, perlu memperhatikan hal lain untuk memaksimalkan hasil, tidak bisa mengandalkan minyak kelapa saja.

4. Menjaga Kesehatan Jantung Minyak goreng kelapa menurut beberapa penelitian dianggap mampu meningkatkan kolesterol baik (LDL) pada tubuh dan tidak menunjukkan efek samping berbahaya yang signifikan jika dipakai setiap hari. “Penelitian pada hewan bahkan memperlihatkan hasil bahwa minyak goreng kelapa dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dan memperbaiki profil lipid,” terang laporan tersebut.Tapi, peneliti berharap ada studi lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Aman untuk Pasien Diabetes Minyak goreng kelapa dipercaya dapat memperbaiki profil lipid pada diabetes mellitus tipe 2, mendukung homeostasis glukosa normal, dan memodulasi respons imun. “Minyak kelapa murni juga dapat digunakan sebagai makanan fungsional untuk mencegah perkembangan resistensi insulin akibat diet dan komplikasi terkait yang berpotensi karena kualitas antioksidannya yang baik,” terang laporan studi tersebut.

6. Baik Melawan Kanker Hati dan Mulut Minyak kelapa murni maupun minyak kelapa yang diproses dan difraksinasi, menunjukkan aktivitas antikanker terutama melawan kanker hati dan mulut. Selain itu, konsumsi minyak kelapa murni selama kemoterapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara.(*/An)

Loading...