QARUN, CRAZY RICH SOMBONG PADA ZAMAN NABI MUSA AS

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Pada zaman Nabi Musa dan Firaun ada sosok crazy rich yang sangat terkenal. Bahkan, kisahnya diceritakan dalam Alquran.

Namanya adalah Qarun. Dia adalah manusia kaya raya yang tersesat di jalannya.

Kisah Qarun diabadikan dalam Alquran karena kesombongannya. Sombong adalah salah satu sifat yang sangat dibenci Allah SWT. Karena kesombongannya, ia pun berakhir tragis. Ia beserta seluruh hartanya ditenggelamkan oleh Yang Mahakuasa.

Dilansir dari About Islam, Rabu (18/1/2023), Qarun berasal dari bangsa Musa, ia dari Bani Israil. Allah SWT berfirman bahwa Qarun menjadi tiran terhadap semua orang Bani Israil. Ia juga merupakan salah satu orang yang banyak melakukan dosa pada masa Musa.

Qarun adalah sepupu Nabi Musa As. Dia anak dari Yashar yang merupakan adik kandung Imran, ayah Nabi Musa. Karena itu, Qarun pun masih memiliki garis keturunan kepada Nabi Yaqub.

Baik Qarun maupun Musa merupakan cucu dari Quhas putra Lewi. Sedangkan Lewi bersaudara dengan Nabi Yusuf, keduanya adalah anak Nabi Yaqub. Lengkapnya Qarun bin Yashar bin Quhas bin Lewi bin Yaqub bin Ishaq bin Ibrahim.

Qarun memiliki lemari besi yang menyimpan harta kekayaan yang sangat banyak. Untuk membawa kunci gudang harta ini saja, diperlukan tenaga orang-orang kuat.

Kemudian, mereka akan kelelahan setelah mencoba membukanya. Artinya, gudang harta milik Qarun ini sangat aman dan jika kuncinya sebesar itu, lalu apa isinya? Tentunya sangat banyak.

Saat semua orang hidup seperti budak, Qarun justru bisa hidup seperti miliarder. Qarun punya tumpangan yang bagus dan punya rumah yang mewah. Tidak hanya itu, dia juga punya brankas di mana-mana yang tidak bisa dibuka siapa pun.

Qarun juga merupakan teman baik Firaun sehingga tak ada orang yang berani memiliki masalah dengannya. Qarun pun dapat dengan mudah mengadukannya pada Firaun.

Dikutip dalam buku 40 Kisah Akhir Hidup Kezaliman Makhluk-Makhluk Allah, meskipun memiliki harta yang melimpah ruah, Qarun adalah manusia yang pelit dan kikir. Dia tidak mampu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT.

Dengan harta kekayaan yang luar biasa banyak itu, Qarun justru menjelma menjadi manusia yang sangat sombong dan pongah. Dia merasa semua yang dimiliki adalah hasil usahanya sendiri.

Karena kekikiran dan kesombongannya, Allah SWT pun akhirnya menurunkan azab pada Qarun. Crazy rich itu pun lenyap ditelan bumi bersama seluruh hartanya yang sangat banyak. Dari kisah Qarun ini bisa diambil hikmah bahwa manusia tidak boleh sombong dan kikir di dunia ini.(*/Da)

Loading...