skycrapper
skycrapper

SERUIT MAKANAN OLAHAN IKAN PLUS SAMBAL KHAS LAMPUNG

Drug

LAMPUNG – Seruit merupakan salah satu makanan utama bagi warga Lampung yang mengakar budaya eksklusif dan inovative dari waktu ke waktu.

Makanan khas Lampung ini bisa dibuat dengan berbagai varian ikan sebagai menu utamanya yang diolah menjadi pindang atau ikan bakar dan di campur sambal.

Sebagai pelengkap, Seruit menyajikan 3 jenis sambal mentah yakni sambal terasi, sambal mangga dan sambal nanas yang kemudian disampingnya ditaruh tempoyak dari bahan baku durian.

&80 x 90 Image

Bahan bahan ini dicampur dengan ikan baung atau ikan patin diberi kuah sehingga orang Lampung bilang nyeruit.

Makanan khas ini perlu dilestarikan dan dikembangkan agar anak cucu kita tahu, bahwa makanan ini merupakan warisan budaya, yang layak diperkenalkan kepada wisatawan yang datang ke Lampung bahwa Lampung punya makanan khas yakni seruit.

Salah satu rumah makan seruit di Bandarlampung yang memiliki citarasa seruit yang lezat dan tempat makan yang nyaman yakni di Seruit Hj. Yohana yang berlokasi di jalan Gatot Subroto, Telukbetung Selatan, Bandarlampung.

Selain menyajikan makanan khas Lampung di rumah makan ini juga terlihat ornamen Lampung yang ditata dengan apik.

Owner seruit Hj. Yohana menjelaskan bahwa bermula dari buka rumah makan seruit di kota Metro yang laris manis membuatnya membuka cabang di Bandarlampung.

“Pertama buka usaha rumah makan seruit di Metro Alhamdulillah lancar dan maju dan buka cabang disini. Kita ambil ikannya di wilayah Seputih bukan ikan di kolam dan dalam satu hari bisa sampai menghabiskan 20 kilogram ikan dan dam 30 kilogram untuk akhir pekan,” ungkap Hj. Yohana. (*/El)

BERITA LAIN
Komentar
Loading...