SERUNYA MENGAPUNG DI PANTAI TURELOTO ‘ LAUT MATINYA’ NIAS

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

NIAS – Jika Anda berkunjung ke Sumatra Utara, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pulau Nias. Pulau ini menjadi salah satu kawasan di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan alam.

Banyak pantai cantik dan eksotis yang bisa dijumpai di pulau ini. Salah satunya adalah Pantai Tureloto yang terkenal akan keunikannya.

Pantai yang terletak di Kecamatan Laweha, Kabupaten Nias Utara ini dikenal sebagai Laut Mati-nya Nias. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi mengapung di pantai tanpa harus jauh-jauh datang ke Yordania.

Dilansir dari kkp.go.id, Pantai Tureloto ini memang sangat unik, selain air lautnya yang tenang, air di pantai ini ternyata juga mengandung kadar garam yang sangat sangat tinggi.

Oleh karena itu lah, pengunjung yang berenang di sini bisa mengapung dengan mudahnya. Meski tidak bisa berenang, cukup dengan berdiam diri saja, maka tubuh akan mengapung dengan sendirinya.

Tragedi gempa dan tsunami yang melanda pesisir Sumatra pada tahun 2005 lalu, mengakibatkan munculnya hamparan karang di permukaan Pantai Tureloto sehingga membentuk seperti benteng beberapa ratus meter dari bibir pantai.

Dasar permukaan yang naik juga membentuk cekungan seperti laguna di pantai ini yang dibatasi oleh benteng karang. Adanya terumbu karang yang muncul di bibir pantai ini menambah keeksotisan Pantai Tureloto.

Dilansir dari ksmtour, keunikan lain yang ada di pantai ini adalah ombak yang sangat tenang. Padahal, Pantai Tureloto berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal mempunyai ombak besar.

Tetapi di pantai ini tidak ada sama sekali ombak besar. Hal ini juga dikarenakan adanya gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibir pantai yang berjajar menyerupai sebuah benteng sebagai pemecah ombak.

Pemandangan Bawah Laut yang Indah
Meski sering dijuluki sebagai Laut Mati seperti yang ada di Yordania, namun Pantai Tureloto memiliki biota laut yang indah. Pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut di sini dengan snorkeling atau pun diving.

Tak hanya itu saja, sambil terapung-apung di bibir pantai, pengunjung juga bisa bermain dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang cantik di pantai ini.(*/Ndo)

Loading...