TINGKATKAN KEBUGARAN, BANTU WANITA TURUNKAN BERAT BADAN

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Penelitian baru menemukan, mengurangi asupan kalori mungkin lebih berbahaya untuk wanita muda yang sudah memiliki berat badan sedang yang berolahraga demi meningkatkan kebugaran.

“Ada keasyikkan di kalangan atlet pada olahraga daya tahan, bahwa penurunan berat badan dapat meningkatkan kinerja kompetitif mereka. Namun, data tentang topik tersebut telah dicampur, berdasarkan jumlah yang kecil dan berfokus pada laki-laki,” kata Dr. J. Sawalla Guseh, rekan penulis studi senior dalam sebuah pernyataan.

Dilansir dari laman Healthline, Guseh dan tim mengevaluasi kebugaran aerobik pada 805 wanita dan lebih dari 1.000 pria berusia 17-94 tahun yang merupakan pasien di Program Kinerja Kardiovaskular di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, antara tahun 2011 dan 2019. Semua peserta diuji karena diduga memiliki masalah jantung. Mereka termasuk di antaranya atlet profesional.

Kebugaran aerobik diukur menggunakan puncak VO2, jumlah oksigen yang dikonsumsi saat berolahraga sekuat mungkin. Semakin banyak oksigen yang dapat dikonsumsi seseorang, semakin cocok secara aerobik.

Wanita yang VO2-nya paling sedikit 20% dari apa yang diperkirakan tinggi, berat badan, dan jenis kelaminnya dianggap sangat fit.

Menurut temuan penelitian, kebugaran aerobik terus menurun dengan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) di antara pria dari segala usia dan wanita di atas usia 30 tahun. Tapi, ini tidak berlaku untuk wanita yang lebih muda.

Wanita yang sangat sehat di bawah 30 tahun memiliki BMI rata-rata 23,2, kisaran atas dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan BMI untuk kesehatan yang baik.

“Penurunan berat badan tidak selalu merupakan indikator bahwa seseorang menjadi lebih sehat atau bugar, dan angka pada skala tidak boleh digunakan sebagai ukuran kemajuan,” jelas Samantha DeCaro, PsyD, Asisten Direktur Klinis di The Renfrew Center, sebuah jaringan nasional pusat perawatan gangguan makan untuk wanita dewasa dan gadis remaja.

“Penurunan berat badan hanyalah efek samping yang dapat dihasilkan dari perilaku yang tidak sehat dan sehat. Sederhananya, Anda tidak bisa menyamakan kesehatan dengan berat badan,” tukasnya.(*/Ta)

Loading...