TOLONG MENOLONG ANTARA SUAMI DAN ISTRI DALAM AJARAN ISLAM

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Memiliki hubungan suami istri dalam rumah tangga tak hanya harus diisi dengan rasa cinta saja. Namun agama juga menganjurkan adanya sikap tolong-menolong satu sama lain dalam beragam hal.

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunah, dan Para Ulama menjelaskan, perlu disadari bahwa sikap saling menolong antara suami istri dalam kebaikan akan menambah kuatnya ikatan kehidupan berumah tangga. Tak hanya itu, sikap tolong menolong dinilai juga merupakan upaya dalam memenuhi perintah agama.

Apalagi, sikap tolong menolong sendiri dalam Islam secara tegas diabadikan Allah dalam Alquran Surah Al-Maidah ayat 2. Allah berfirman yang artinya: “Tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah siksa Allah sangat berat,”.

Oleh karena itu ditekankan, apabila seorang suami atau istri tidak mau tahu tentang beban kesulitan pasangannya dalam mengelola rumah tangga, maka mereka tidak dapat dikategorikan seorang hamba yang telah melakukan pasangannya dengan baik. Sebab perlakuan ihsan dalam rumah tangga, tak hanya diukur dari rasa keinginan memiliki pasangan dan gelora sensasi merasakan acara pernikahan saja.

Namun yang layak disebut sebagai ihsan (perlakuan baik) dalam rumah tangga adalah bertutur kata baik, berkelakuan baik, berpengertian baik, serta diiringi sikap saling tolong menolong. Sehingga dengan hadirnya suasana seperti itu niscaya akan menghadirkan kebahagiaan, keharmonisan, dan menambah ikatan cinta yang dapat ditiru anak-anak mereka kelak.(*/Ta)

Loading...