UNTUK SUASANA TINGKAT HATI DAN OTAK OLAHRAGA LARI 10 MENIT

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Berlari tak hanya membawa manfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga mental. Meski hanya dilakukan selama 10 menit, berlari bisa membantu meningkatkan suasana hati dan fungsi otak.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari University of Tsukuba melalui studi terbaru mereka. Studi ini mengungkapkan bahwa berlari dengan intensitas sedang bisa meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang memainkan peran penting dalam mengontrol suasana hati dan juga fungsi otak. Bagian otak yang dimaksud adalah lokus di korteks prefrontal.

Selama studi berlangsung, tim peneliti mengumpulkan data mengenai perubahan hemodinamik yang berkaitan dengan aktivitas otak ketika partisipan melakukan suatu tugas. Data ini dikumpulkan menggunakan tes kognitif bernama Stroop Color Word Test.

Temuan pertama dalam studi mendapati adanya penurunan signifikan pada pengurangan waktu efek interferensi setelah peserta melakukan lari intensitas sedang selama 10 menit. Temuan kedua mendapati adanya peningkatan aktivasi prefrontal bilateral yang substansial selama tes. Para partisipan juga merasa suasana hatinya lebih baik setelah lari selama 10 menit.

Salah satu peneliti Profesor Hideaki Soya mengatakan saat berlari, ada kontrol eksekutif luas yang dilibatkan untuk mengoordinasikan keseimbangan, gerakan, dan dorongan. Oleh karena itu, merupakan hal yang logis bila ada peningkatan aktivasi saraf di korteks prefrontal ketika berlari.

“Dan (merupakan hal logis) bahwa fungsi-fungsi lain di area otak ini akan mendapatkan manfaat dari peningkatan sumber daya otak ini,” ungkap Profesor Soya, seperti dilansir Fit and Well,Minggu (12/12).

Dengan kata lain, kegiatan lari berintensitas sedang yang dilakukan selama 10 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan juga fungsi kognitif. Kegiatan berlari ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Sebagian orang mungkin lebih suka berlari di ruang terbuka. Namun bila tak ingin keluar rumah, berlari juga bisa dilakukan dengan menggunakan treadmill. Bila memungkinkan, gunakan //treadmill// yang memiliki beragam fungsi dan pengaturan untuk menyesuaikan beragam hal, seperti kecepatan dan intensitas, sesuai dengan kemampuan.(*Fa)

Loading...