UNTUK TURUNKAN KOLESTEROL ADA 5 BEROLAHRAGA TERBAIK

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Olahraga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa. Ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis pada Desember 2015.

Profesor kedokteran dan kardiologi, co-director Program UCLA di Preventive Cardiology, dan direktur UCLA Barbra Streisand Women’s Heart Health Program, Karol Watson, MD, PhD menjelaskan olahraga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat karena melatih otot membutuhkan energi.

“Gula (glukosa) adalah sumber energi yang disukai otot, tetapi begitu glukosa habis, ia akan mulai membakar lemak untuk energi,” jelas Watson.

Ketika lemak digunakan untuk energi, dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, lemak lain yang ditemukan dalam aliran darah dan makanan. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, cobalah olahraga ini untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda seperti dilansir dari Everyday Health, Rabu (15/12/2021).

1. Berjalan

Lari adalah latihan aerobik. Berlari membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan detak jantung. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari lari atau olahraga apa pun, Anda perlu meningkatkan detak jantung.

2. Berlari

Jalan cepat sangat bagus untuk menurunkan kolesterol, menurut American Heart Association, dan kebanyakan orang bisa melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu kets yang nyaman. Berjalan adalah latihan aerobik, yang meningkatkan penggunaan oksigen dengan memperkuat jantung dan paru-paru.

Faktanya, jalan cepat ternyata sama efektifnya dalam menurunkan kolesterol seperti berlari, menurut sebuah penelitian di Aterosklerosis, Trombosis, dan Biologi Vaskular pada Mei 2013.

3. Bersepeda

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengendarai sepeda adalah latihan aerobik yang aman dan efektif untuk membakar kalori dan menurunkan kolesterol jahat. Salah satu manfaat utama bersepeda adalah dapat menjadi bagian dari rutinitas harian Anda tanpa mengganggu kegiatan lainnya.

Para ahli merekomendasikan mengendarai sepeda ke tempat kerja atau saat menjalankan tugas, dibandingkan dengan mengemudi atau naik transportasi umum.

Namun, jika Anda merasa tidak nyaman mengendarai sepeda di jalan, bersepeda cepat dengan sepeda stasioner juga bisa membantu. Levine menyarankan untuk memulai dengan perlahan, melakukan perjalanan singkat di medan datar atau pada pengaturan tanjakan rendah dengan sepeda stasioner.

Kemudian, lakukan setidaknya 30 menit olahraga sedang hingga intens 5 hari seminggu. Selanjutnya, tingkatkan hingga 45 hingga 60 menit hampir setiap hari.

4. Renang

Berenang yang juga merupakan latihan aerobik, bisa menjadi pilihan yang baik untuk program kebugaran penurun kolesterol. Berenang itu mudah pada persendian dan aktivitas fisik yang baik jika Anda juga memiliki masalah ortopedi. Setengah jam berenang akan membakar sekitar 240 kalori, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI).

Anda juga dapat berenang sebagai latihan intensitas tinggi untuk membantu menjaga berat badan.

5. Angkat Beban

Selain aktivitas aerobik, olahraga Anda juga harus mencakup latihan kekuatan. Latihan kekuatan membantu membangun otot dan otot meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat, catat National Center on Health, Physical Activity, and Disability. Pilihannya termasuk latihan angkat beban dan toning.

Dalam sebuah penelitian, pria yang berlatih kekuatan melihat kolesterol baik meningkat dibandingkan dengan pria yang tidak melakukan, terlepas dari berat badan mereka.

Temuan ini muncul di Journal of Applied Physiology pada Oktober 2013. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk melakukan latihan kekuatan setidaknya 2 hari seminggu, dengan 8 hingga 12 pengulangan dari 8 hingga 10 latihan yang menargetkan semua kelompok otot utama.(*/In)

Loading...