3 TIPS ALAMI TINGKATKAN KESEHATAN MATA

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Penglihatan yang bermasalah dapat mengganggu kenyamanan. Gangguan mata juga bisa disebabkan perubahan iklim. Untungnya, ada cara alami yang bisa meningkatkan kesehatan mata.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba, seperti dilansir dari Womans World, Senin (3/5).

Cahaya merah

Cobalah menikmati teh malam di samping bola lampu merah. Cara rileksasi seperti ini juga mampu membuat kemampuan penglihatan 20 persen lebih baik dalam cahaya redup, menurut sebuah studi baru di Inggris.

Para peneliti menemukan bahwa terpapar sinar merah selama tiga menit sehari selama dua pekan, dapat membalikkan penuaan mata pada orang berusia di atas 40 tahun, yang mengarah ke persepsi warna lebih baik dan kontras lebih tajam dalam cahaya rendah. “Cahaya merah mengisi ulang pembangkit tenaga listrik di dalam sel, memulihkan kemampuan mata untuk bekerja dengan baik,” kata William T. Reynolds, OD, presiden American Optometric Association.

Minum lebih banyak air

Pernahkah sesekali mengalami penglihatan kabur saat melihat orang, bangunan, atau pepohonan di kejauhan? Cuaca musim semi yang lebih hangat dapat membuat 75 persen orang mengalami dehidrasi ringan, menghasilkan lebih sedikit air mata yang menghidrasi sekaligus memengaruhi kesehatan mata.

“Elemen fokus utama mata, kornea, sebagian besar terdiri dari air, itulah mengapa dehidrasi dapat menyebabkan distorsi visual, membengkokkan kornea untuk sementara,” kata James M. Stringham, PhD, ilmuwan penelitian di Duke Eye Center.

Cobalah meminum segelas kecil air untuk membantu menjaga fokus yang baik. Dr. Stringham merekomendasikan 8 ons air saat penglihatan mulai terasa sedikit kabur.

Konsumsi cokelat

Sebuah studi di JAMA Ophthalmology menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam (72 persen kakao atau lebih tinggi) meningkatkan kontras dan ketajaman visual. Memang, para peneliti mengatakan orang-orang yang mencoba trik sederhana dan juga enak ini dapat meningkatkan penglihatan dekat mereka hampir seketika, dan hasilnya bisa bertahan selama dua jam.(*/Ta)

Loading...