5 KESALAHAN MEMASAK BISA BERPENGARUH PADA KESEHATAN

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Pada masa seperti sekarang ini, kita bakal lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal ini termasuk kebiasaan memasak di rumah untuk makanan kita sehari-hari.

Sayangnya, sering kali kita abai terhadap cara memasak yang benar-benar tepat. Hal ini bukan hanya termasuk dalam kelezatannya namun juga pada kesehatan makanan.

Kondisi makanan yang benar-benar sehat ini sangat penting terutama jika kamu ingin menurunkan berat badan. Makanan yang kurang sehat bisa berdampak upaya olahraga yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang penting kamu lakukan agar makanan ini tetap sehat. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kesalahan yang sering terjadi ketika memasak sehingga membuatnya kurang menyehatkan.

1.Menambah Lemak Tanpa Disadari
Minyak berlebih yang dimasukkan ke dalam wajan sering menjadi masalah dalam makanan. Hal ini terutama terjadi karena kita menyukai makanan-makanan yang digoreng.

Walau menggunakan minyak masak yang sehat, namun berlebihan memakainya juga bisa berdampak buruk. Terlalu banyaknya minyak pada makanan ini bisa membuat kamu tanpa sadar malam menambah lemak ke dalam tubuh.

2.Menggunakan Terlalu Banyak Saus

Untuk meningkatkan rasa makanan agar lebih lezat, kita sering menggunakan berbagai jenis saus dan dalam jumlah banyak. Sayangnya, ketika melakukan hal ini kita menambah jumlah kalori, garam, dan gula yang dikonsumsi.

Mengonsumsi dalam jumlah sedikit tak bakal berdampak pada kesehatan, namun ketika melakukannya secara berlebihan, hal ini bisa berdampak pada upayamu menurunkan berat badan. Pasalnya konsumsi mayones atau saus tomat ini bisa berdampak pada lingkar perut.

3.Protein Berlebih
Menghabiskan makanan tersisa dan emmasaknya ulang atau mencampurnya bisa menyebabkan masalah ini. Pada makanan terutama daging dan seafood, terdapat kondungan protein yang lebih tinggi dari kebutuhan kita.

Idealnya, konsumsi protein bagi wanita hanyalah sebanyak kepalan tangan. Sedangkan bagi pria, jumlah yang dibutuhkan adalah seukuran tangan.

4.Memasak Menggunakan Minyak atau Mentega
Ketika memasak, tanpa sadari kita bakal menggunakan minyak dan mentega untuk mempercepat prosesnya. Menggunakannya berulang-ulang pada makanan bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Hal ini bahkan sering dilakukan pada makanan yang sebenarnya tidak butuh tambahan minyak. Oleh krena itu, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

5.Mencampur-Campur Makanan
Mencampur makanan dengan berbagai bahan atau tambahan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Walau rasa makanan bakal menjadi lezat, namun hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya perhatikan apa yang kamu campurkan pada makanan. Selain itu, sadari kandungan apa dalam bahan tersebut serta batasi konsumsinya.(*/Tya)

Loading...