MEMPERCEPAT PROSES PENUAAN BISA DARI LIMA KEBIASAAN MAKAN

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Dambaan semua orang untuk awet muda dengan berbagai cara . Cukup banyak orang yang berusaha agar selalu tampak awet muda.

Caranya macam-macam, mulai dari mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat, berolahraga, hingga yang ekstrem seperti melakukan perubahan dengan mengoperasi beberapa bagian tubuh.

Sebenarnya, ada cara lain yang enggak akan bikin kamu kerepotan; yakni dengan menghindari kebiasaan makan buruk, misalnya. Peneliti University of Cambridge baru-baru ini menemukan bahwa kebiasaan yang menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, dapat membuat umur otak 10 tahun lebih tua daripada mereka yang berbadan ideal.

Meskipun penuaan adalah proses alami tubuh, namun ini bisa terjadi lebih cepat bila kamu terus menerapkan kebiasaan makan yang salah. Untuk itu, yuk ketahui lebih lanjut soal kebiasaan makan buruk yang bisa mempercepat penuaan tubuh berikut ini:

1. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan

Siapa yang enggak suka makan steak? Daging panggang bercita rasa gurih dan juicy ini memang selalu sukses bikin kita ketagihan. Eits, tapi jangan mengonsumsi terlalu sering, ya.

Sebab, menurut penelitian Journal of the American Osteopathic Association yang menganalisis 1,5 juta orang menemukan, peningkatan konsumsi daging merah erat kaitannya dengan kematian dini.

Sementara, mereka yang punya kebiasaan makan buah dan sayur, memiliki risiko kematian 15 persen lebih rendah. Maka itu, para peneliti menyimpulkan risiko kematian dini terjadi karena mereka memiliki kebiasaan makan daging merah lebih sering daripada memenuhi nutrisi dari makanan nabati.

2. Sering makan makanan manis

Kebiasaan makan lainnya yang juga sulit dihindari adalah ketika dihadapkan pada seporsi dessert. Tak hanya menyebabkan diabetes, dilansir Eat This, ketika kita makan makanan manis tubuh akan kelebihan asupan gula.

“Gula meningkatkan jumlah mikrobioma yang tidak sehat dan juga menyebabkan peradangan dalam tubuh. Semua ini dapat mempercepat proses penuaan,” ungkap ahli diet Alexandra Miller, RDN, LDN.

3. Jarang makan ikan

Kamu juga membutuhkan asupan omega-3, DHA, dan EPA dari lemak ikan. Nutrisi ini bisa membantu mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan meminimalkan kerusakan metabolisme serta otak akibat diet yang disebabkan oleh fruktosa.
Bahkan penelitian dalam jurnal Nutrition juga menemukan, suplemen kaya omega-3 bisa meminimalkan perpendekan telomer — DNA dalam tubuh yang berkorelasi dengan umur panjang.

4. Kebanyakan minum kopi

Meneguk secangkir kopi saat mengantuk atau lelah memang menjadi kebiasaan banyak orang. Tapi tahukah kamu? Menurut ulasan Sleep Medicine Reviews, mengonsumsi terlalu banyak kafein terutama di siang hari (setelah jam 3 sore) dapat mengganggu waktu tidur, merusak kualitas tidur, hingga mengurangi total waktu tidur. Dengan begitu, tubuh akan lebih cepat menua.
5. Tak memperhatikan asupan garam

Biasanya makanan cepat saji mengandung banyak garam. Akibatnya, tubuh kelebihan asupan natrium, yang menurut ahli diet Dr. Tasneem” Taz “Bhatia, MD, makanan tinggi garam bisa merusak DNA, mempersingkat telomer, dan mempercepat penuaan.

Belum lagi, terlalu banyak makan garam juga menyebabkan tekanan darah tinggi yang memicu risiko penyakit kardiovaskular.(*/Ni)

Loading...