CARA EFEKTIF TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN JALAN KAKI

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan persendian yang kaku. Berjalan kaki secara konsisten juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), merekomendasikan 150 menit dalam seminggu untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, atau 75 menit dalam seminggu untuk aktivitas fisik intensitas tinggi.

Lalu, berapa banyak langkah yang diperlukan untuk menurunkan berat badan dengan cara berjalan kaki?

Laura Arndt, personal trainer yang memiliki sertifikat NCSA, merekomendasikan 10.000 langkah dalam sehari untuk menurunkan berat badan.

Menurutnya, 10.000 langkah sama dengan berjalan kaki sejauh 5 mil. Rata-rata seseorang bisa membakar 100 kalori setiap berjalan sejauh satu mil.

Dengan demikian, seseorang dapat membakar 500 kalori dengan 10.000 langkah per hari.

Laura Arndt memahami bahwa 10.000 langkah per hari tidak bisa dilakukan oleh semua orang.Laura Arndt menyarankan agar target tersebut dicapai secara bertahap.

“Hal terbaik yang harus dilakukan adalah meminta seseorang memakai pelacak kebugaran selama seminggu, melihat jumlah rata-rata Langkah mereka selama seminggu, dan meminta mereka untuk meningkatkan jumlah Langkah mereka sebesar 10 persen,” ucap Arndt dikutip dari Antara Senin, 6 Juni 2022.

Gregg Kai Nishi, ahli bedah bariatrik di Khalili Center, mengatakan intensitas aktivitas fisik juga memainkan peran penting.

“Berjalan 10.000 langkah yang sangat lambat mungkin tidak cukup untuk dapat menghasilkan penurunan berat badan. Sebaliknya, berjalan sangat cepat, bahkan jika kurang dari 10.000 langkah, mungkin jauh lebih bermanfaat dalam hal penurunan berat badan,” ujarnya.

Selain melihat jumlah langkah dalam sehari, Gregg juga merekomendasikan latihan beban (weight training).

Latihan beban memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan membantu menurunkan berat badan. Gregg menyarankan agar latihan beban dilakukan 2 kali seminggu.(*/Ta)

Loading...