LIMA TIPS TETAP OLAHRAGA MESKI DI RUMAH

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Masa karantina wilayah memaksa hampir setiap orang untuk beraktivitas di rumah saja, termasuk saat berolahraga. Melihat dinding yang sama terus-menerus bisa membuat Anda jenuh.

Akibatnya, Anda tak lagi bersemangat berolahraga di rumah dan tubuh Anda pun semakin tidak terlatih serta rentan terhadap penyakit.

Beberapa tip berikut mungkin bisa membantu Anda mengatur pikiran dengan benar agar tetap termotivasi untuk berolahraga di rumah, seperti dilansir di laman News Anyway, Kamis (4/2):

1. Pilih peralatan fitnes yang akan dinikmati

Jika tidak menggunakan peralatan kebugaran, Anda tidak akan merasa terdorong untuk menggunakannya. Peralatan olahraga harus cocok dengan Anda agar bisa mengurangi kemungkinan cedera. Peralatan fitnes dapat menggantikan aktivitas yang sebelumnya Anda nikmati di luar ruangan, seperti berkendara di taman atau di jalan saat ke kantor.

2. Tetapkan tujuan yang berarti

Tujuan adalah kekuatan pendorong menuju target yang Anda inginkan. Dengan adanya tujuan dan target, artinya ada sesuatu yang Anda bidik dan motivasi untuk mencapainya.

Apapun rutinitas latihan fisik yang dilakukan, tujuannya untuk menyempurnakan gerakan Anda. Setelah itu, tingkatkan kecepatan atau jumlah pengulangan gerakan untuk menambah kesulitan. Hal itu mendorong Anda tetap bebas dari cedera sambil meningkatkan kebugaran.

3. Tetapkan rutinitas teratur

Apabila Anda terus berolahraga dan melakukannya pada waktu yang sama, maka itu akan menjadi kebiasaan. Untuk itu, maksimalkan ‘kekuatan kebiasaan’ untuk mengulangi perilaku positif yang sama, terlepas apakah Anda sedang termotivasi atau tidak. Proses ini kemudian dapat diterapkan secara berguna ke area lain dalam hidup, yang juga membutuhkan perbaikan.

4. Bagikan pengalaman dengan teman

Anda bisa melakukan panggilan video dengan teman-teman yang juga ingin berolahraga. Teman dapat mengikuti dan memberikan dorongan secara teratur. Mereka juga dapat menghubungi Anda jika mereka membutuhkan motivasi untuk berolahraga.

5. Gunakan aplikasi kebugaran

Kemajuan teknologi bisa Anda manfaatkan untuk kebugaran, termasuk aplikasi kebugaran. Aplikasi kebugaran bermanfaat untuk merekam informasi, mengingatkan Anda kapan harus berolahraga, dan melacak kemajuan berolahraga.

Aplikasi kebugaran juga bisa mengirimkan video dengan format yang benar, menghitung jumlah langkah di treadmill, atau memberi tahu berapa perkiraan kalori yang terbakar. Mereka juga dapat merekam kapan dan berapa lama Anda berolahraga.(*/Di)

Loading...