PENDERITA DIABETES OLAHARAGA TERBAIK BERSEPEDA HINGGA MENARI

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Aktivitas fisik merupakan elemen penting dalam mencegah dan mengelola penyakit diabetes . Banyak penelitian yang mengatakan betapa pentingnya olahraga teratur pada diabetes, karena tidak hanya meningkatkan glukosa darah, juga membantu mengontrol kadar kolesterol untuk mencegah komplikasi seperti hipertensi atau kasus kardiovaskular.

Selain itu, olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan bagi penderita diabetes, juga menjaga berfungsinya semua organ dalam tubuh seperti ginjal, hati dan jantung. Seperti dilansir Boldsky, berikut olahraga yang tepat bagi penderita diabetes.

1. Jalan Cepat
Jalan cepat adalah olahraga dengan intensitas rendah terbaik untuk penderita diabetes tipe 2 karena memiliki efek penurun glukosa dan mungkin juga secara positif mempengaruhi kesejahteraan psikologis seseorang.

2. Berenang
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa renang bisa menjadi ameliorator ampuh untuk resistensi insulin yaitu ciri utama bagi penderita diabetes tipe 2. Renang juga dapat membantu meningkatkan fungsi tubuh untuk menggunakan dan menyerap glukosa secara efektif.

3. Menari
Menurut sebuah penelitian, menari dapat menjadi kegiatan yang efektif untuk melakukan aktivitas fisik dan mengontrol kadar glukosa darah. Menari juga dapat merangsang emosi positif dan mendorong interaksi sosial, dan memungkinkan penderita diabetes untuk berbagi pengalaman pribadi mereka.

4. Bersepeda
Bersepeda adalah salah satu bentuk olahraga aerobik yang dapat menurunkan kadar glukosa secara signifikan seiring dengan bertambahnya berat badan dan tekanan darah. Selain itu, bersepeda juga dianggap sebagai bentuk olahraga terbaik untuk penderita diabetes di bawah 40 tahun.

5. Pilates
Pilates adalah olahraga dengan intensitas yang rendah yang dapat membantu memperkuat otot seiring dengan peningkatan fleksibilitas dan keselarasan.(*/Di)

Loading...