RISET, BERSANTAP BERSAMA KELUARGA BISA CIPTAKAN KESEHATAN YANG BAIK

visit indonesia
&80 x 90 Image
Spread the love

JAKARTA – Di masa pandemi seperti ini, orang-orang sudah mulai mengurangi kegiatan di luar rumah dan melakukan physical distancing.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona supaya tak makin meluas.

Sisi positifnya, waktu bersama keluarga di rumah pun jadi lebih banyak. Mungkin biasanya jarang berkumpul, sekarang bisa lebih sering untuk makan bersama.
Menjadikan kegiatan makan bersama sebagai salah satu rutinitas ini ternyata tak cuma bisa menambah keakraban anggota keluarga saja, tapi juga baik untuk kesehatan, lho. Kok bisa?

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior pada bulan Januari 2020 melihat dampak frekuensi makan bersama keluarga terhadap kualitas diet dan fungsi keluarga.

Analisis tersebut menemukan, adanya hubungan positif antara frekuensi makan bersama per minggu (khususnya makan malam) dengan makan buah dan sayuran. Pada anak-anak dan remaja, rutinitas makan malam bersama keluarga bisa menurunkan risiko obesitas dan gangguan makan.

Dilansir Everyday Health, sebuah studi dari Harvard juga menemukan, anak-anak yang makan bersama keluarga mereka cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan rendah lemak, plus mendapat asupan serat pangan serta vitamin dan mineral lebih tinggi.

Studi lain berjudul The Importance of Family Dinners IV dari Columbia University menganalisis 4.746 siswa SMP dan SMA dengan latar belakang ras dan sosial ekonomi berbeda. Penelitian tersebut menemukan, anak-anak yang lebih sering makan dengan keluarganya mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran.
Selain itu, tingkat konsumsi soda mereka juga lebih rendah, ketimbang anak-anak yang jarang atau tak pernah makan bersama keluarganya.

Nantinya, kebiasaan makan sehat anak-anak ini akan terbawa sampai mereka dewasa. Dengan mengatur standar makan malam keluarga sejak dini, anak-anak akan lebih cenderung mengembangkan kebiasaan memilih makanan sehat seumur hidup.(*/Ni)

Loading...