skycrapper
skycrapper

SEKS ITU SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG

Drug

JAKARTA – Seks adalah aktivitas menyenangkan yang disukai oleh banyak pasangan. Sayangnya, pasangan yang melakukan seks hanya tahu kalau seks digunakan untuk mendapatkan kepuasan dan mendapatkan kehamilan saja. Padahal seks tidak hanya difungsikan untuk hal-hal yang sifatnya kepuasan semata.

Melakukan seks sama halnya dengan melakukan olahraga. Oleh karena itu, seks yang dilakukan secara rutin akan memberikan dampak positif pada tubuh khususnya dampak pada kesehatan jantung. Berikut beberapa alasan kenapa seks baik untuk jantung dan beberapa cara untuk menguatkan jantung lainnya.

Manfaat seks untuk kesehatan jantung
Seks memiliki manfaat yang cukup besar untuk jantung, Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukannya minimal seminggu satu kali dan boleh lebih. Berikut manfaat seks untuk jantung selengkapnya.

&80 x 90 Image

Membakar kalori cukup banyak
Seks yang dilakukan degan intens bisa membakar kalori hingga banyak setiap sesinya. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seks membakar 3 kalori setiap menitnya. Kalau Anda melakukannya selama 20-30 menit, bisa dikalikan sendiri berapa kalori yang dibakar, mungkin setara dengan satu camilan ukuran sedang.

Seks baik untuk mereka yang obesitas atau ingin menurunkan berat badan. Melakukan sek secara rutin dan diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan metabolisme dan lemak di dalam tubuh bisa menurun dengan sendirinya perlahan-lahan.

Bisa menurunkan stres
Gangguan pada jantung tidak hanya disebabkan oleh penyakit di aliran darah atau dari apa yang kita makan saja. Lebih dari itu, stres yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan jantung.

Seks bisa mengatasinya dengan menurunkan ketegangan yang dirasakan oleh pria dan wanita. Dengan melakukan seks dengan intens dan teratur, tekanan stres akan perlahan menurun akibat hormon bahagia yang dihasilkan pasca pasangan sama-sama mendapatkan orgasme.

Menurunkan serangan jantung
Seperti yang dikatakan sebelumnya, seks itu ibarat melakukan olahraga dengan rutin. Melakukan seks akan membuat pria dan wanita mendapatkan aliran darah yang lancar sehingga kemungkinan ada gangguan jantung akan kecil. Tubuh akan merespons dengan menjaga aliran agar tetap pada fungsinya.

Dengan fungsi kardiovaskular ini, seks sama halnya melakukan olahraga kardio seperti lari atau senam aerobik. Jadi bisa dibayangkan sendiri seperti apa manfaat dari seks ini untuk jantung kalau dilakukan dengan rutin.

Cara lain untuk menjaga kesehatan jantung
Melakukan seks saja tentu tidak serta-merta bisa menaikkan kesehatan jantung secara instan. Agar pria dan wanita bisa mendapatkannya, mereka juga harus melakukan beberapa hal di bawah ini.

Melakukan olahraga secara rutin setiap hari atau minimal dalam satu minggu ada sekitar 3 kali latihan dengan durasi 30-60 menit per sesi.
Olahraga yang dilakukan bisa dalam bentuk angkat beban atau kardio sesuai dengan kemampuannya. Yang terpenting gerakan benar dan diakukan dengan baik ketimbang lama, tapi gerakan salah.
Atur pola makan dengan baik setiap harinya. Pola makan yang baik akan menurunkan risiko pasangan mengalami penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuhnya.
Selalu melakukan penimbangan rutin seminggu sekali setelah bangun tidur dan buang air. Bobot ini harus diawasi agar tidak terjadi kenaikan yang berlebihan.
Usahakan selalu berada pada bobot ideal, cek dengan kalkulator BMI agar tahu posisi Anda apalah normal atau obesitas.
Rutin melakukan pengecekan tekanan jantung agar tahu potensi-potensi gangguan yang mungkin saja ada.
Inilah beberapa manfaat seks untuk jantung dan beberapa cara lain untuk menjaga kesehatannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk lebih rajin menjaga kesehatan jantung.(*/Fet)

BERITA LAIN
Komentar
Loading...