NAIK KE GUNUNG KENCANA BOGOR TERKENAL PEMANDANGAN INDAHNYA

Spread the love

BOGOR – Bogor memang dikelilingi gunung-gunung yang indah. Mulai dari Gunung Salak, Pangrango hingga Gede. Namun ada satu gunung di Bogor yang keberadaannya mungkin belum diketahui banyak orang, yaitu Gunung Kencana.

Terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,Gunung Kencana bisa dibilang bukanlah sebuah gunung sesungguhnya. Hanya bukit yang menjulang sampai di ketinggian 1.802 mdpl, namun tetap menawarkan sensasi alam liar dan cerita mistis bagi para pendaki.

Untuk berkunjung kesini anda bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna, Cisarua, Kabupaten Bogor. Setelah pintu masuk, kalian langsung disambut dengan perjalanan menantang. Jalanan berbatu tajam sepanjang kurang lebih 10 kilometer yang harus ditempuh.

Namun, hamparan hijau kebun teh di segala penjuru serasa menjadi pemanis di tengah ekstrem jalan. Banyak juga sungai kecil yang bebas mengalir di beberapa titik yang membuat hawa gunung semakin segar dan sejuk.

Dengan menempuh perjalanan kurang dari satu jam saja Anda sudah bisa berdiri di Puncak Gunung Kencana. Tidak banyak pos yang akan Anda temui di sepanjang jalur pendakian. Total hanya ada dua. Meski tingginya tidak seberapa, mendaki gunung ini tetap dibutuhkan persiapan. Tanjakan-tanjakan yang ada di jalur pendakian gunung ini terlihat cukup curam.

Ada sebuah tanjakan yang dinamakan Tanjakan Sambalado. Track awal ini sudah ditata sedemikian rupa dengan kayu-kayu yang disusun menjadi anak tangga. Entah apa maksudnya, yang jelas, tanjakan ini sukses membuat para pendaki ngos-ngosan saat melaluinya. Selebihnya, tidak ada halangan yang begitu berarti untuk mencapai puncak.

Puncak Gunung Kencana cukup luas, yaitu sebesar 2 lapangan voli yang mampu untuk menampung banyak tenda. View yang tersaji setelah sampai di puncak sangat mempesona. Jika cuaca cerah, Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak terlihat gagah berdiri menyapa Anda. Ditambah dengan bentangan luas kebun teh kawasan Puncak dan jalanan Kota Bogor.

Selain menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian, Anda juga dapat berkemah di Puncak Kencana hanya dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000,- per malam. Ketinggiannya yang hanya 1.802 mdpl memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Kota Bogor.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju Kampung LC (Lahan Cadangan) yang merupakan titik terakhir pemberhentian kendaraan sebelum memasuki jalur pendakian Gunung Kencana. Tetapi sebelum itu, Anda harus menemukan patokan jalan yaitu Kampung Cikoneng, tepatnya SD Cikoneng yang berada di pertigaan jalan sebelum masuk ke Kampung LC.

Perkebunan teh yang terbentang luas di kawasan Gunung Kencana pun sering dijadikan bikers motor trail untuk memacu adrenalin. Di akhir pekan, banyak komunitas-komunitas motor trail berkumpul disana sembari menjajal medan ekstrim di kawasan tersebut.(*/Dan)

Loading...